Sabtu, 27 Mei 2017

Manfaat dari Ubi Jalar Untuk Menjaga Kesehatan Jantung


Manfaat dari Ubi Jalar Untuk Menjaga Kesehatan Jantung - Pada dasarnya ubi jalar mempunyai beberapa tipe ataupun varietas mulai dari ubi jalar putih, ubi madu, ubi ungu, ubi cilembu, serta juga ubi jalar kuning. Tumbuhan ubi jalar ini sering kita dapati di pekebunan warga jadi sangat mudah untuk mendapatkannya apalagi di daerah asia. Hari ini kita akan membahas mengenai ubi jalar yang terbukti mengandung beberapa khasiat alamiah untuk kesehatan kita. Seperti yang kita ketahui ubi ini mempunyai banyak sekali nutrisi yang terkandung dalamnya, oleh karna itu manfaat ubi jalar sangat banyak untuk kesehatan salah satunya untuk menjaga kesehatan jantung.

Ubi jalar dikenal didunia internasional dengan sebutan nama sweet potato bukan hanya manis, tetapi juga baik untuk kesehatan jantung. Ubi jalar merupakan sumber yang kaya flavonoid, vitamin, mineral, serta serat makanan yang sangat penting untuk kesehatan yang optimal. Tanaman ubi jalar tergolong dalam keluarga tanaman Convolvulaceae, serta dengan nama botanikalnya merupakan Ipomoea batatas.

Ketela rambat orang juga menyebutnya merupakan tanaman yang bisa tumbuh di seluruh daerah beriklim tropis serta hangat. Tanaman ini hanya memerlukan air yang cukup, serta perawata yang sedikit dan  tidak banyak menghabiskan untuk dalam membudidayakannya. Ubi jalar akarnya yang mempunyai bentuk memanjang dengan dengan runcing diujungnya serta kulit luar yang halus yang warnanya dari merah, ungu, coklat, serta putih, tergantung varietas.

Dengan cara internal, ubi jalar mempunyai isi yang tergantung pada konsentrasi pigmen, berkisar antara putih melewati kuning, oranye, serta ungu. Bukan hanya ubinya saja bermanfaat, bahkan pucuk daun ubi jalar juga baik dimakan. Bahkan, daun ubi jalar mengandung banyak nutrisi serta serat makanan dan bisa di buat untuk lauk nasi.

Fakta Kandungan Gizi Dalam Ubi Jalar

Dalam sebuah artikel yang diterbitkan oleh Komisi Sweet Potato North Carolina, dari 58 tipe sayuran yang telah diteliti, ditemukan bahwa ubi jalar dikatagorikan makanan dalam daftar paling baik. Ubi jalar tergolong makanan yang manis dan tidak banyak lemak, tetapi ia mengandung 769% dari kebutuhan harian vitamin A serta 65% vitamin C dalam satu porsi (kurang lebih satu cangkir).

Ubi jalar aman dikonsumsi dan tidak ada batas usia, bahkan untuk bayi yang telah diatas 6 bulan. Kandungan serat yang tinggi pada ubi jalar berfungsi untuk pencernaan tahap awal sebagai transisi peralihan ke makanan padat. Ubi jalar sangat dikenal mengandung jumlah tinggi beta karoten, yang adalah antioksidan alamiah yang mampu menambah ketahanan tubuh dari radikal leluasa serta penyakit.

Ubi jalar juga mengandung Vitamin C, Vitamin B serta fosfor dalam jumlah yang lumayan tinggi, jadi juga ampuh untuk melawan infeksi. Bahkan makanan ini juga dimasukkan sebagai salah satu makanan paling baik yang dianjurkan bagi bunda hamil.

Berdasarkan RDA, nutrisi paling atas dari ubi jalar adalah vitamin A yang mencapai 14.187 IU. Ini berarti hampir sama dengan vitamin A dalam wortel yaitu yang berjumlah 16.706 IU dengan berat yang 100 gr. Ubi jalar terkandung magnesium yag tinggi, seng serta vitamin B, suatu kombinasi nutrisi yang telah berguna dalam hal penyembuhan serta mengurangi rasa sakit sebab radang sendi serta pembengkakan. Ubi jalar juga terdaftar sebagai makanan yang baik untuk mengurangi gejala sakit dengan cara manjur pada penderita arthritis.

Manfaat Ubi Jalar Untuk Kesehatan Tubuh

1. Menjaga Kesehatan Jantung
Vitamin B6 yang terkandung di dalam ubi kuning sanggup mencegah penumpukan homosistein dalam darah. Tingkat homosistein yang tinggi dalam darah berkaitan dengan peningkatan risiko penyakit jantung serta stroke.

2. Mencegah Diabetes
Ubi jalar mengandung indeks glikemik rendah serta dalam penelitian terakhir menunjukkan ubi jalar bisa mengurangi gula darah serta resistensi insulin bagi penderita diabetes. Serat dalam kandungan ubi jalar menjadikan perbedaan yang besar. Para penelitian sudah membuktikan bahwa penderita diabetes jenis 1 yang mengonsumsi diet tinggi serat, sudah menambah gula darah, lipid serta kadar insulin. dalam 1 ukuran ubi jalar yang sedang memberikan sekitar 6 gram serat.

3. Mempengaruhi Kesuburan
Bagi wanita yang ingin tetap subur, konsumsilah lebih banyak zat logam dari sumber tanaman bisa mempengaruhi kesuburan, menurut Harvard Medical School Harvard Health Publications. Vitamin A dalam ubi jalar (dikonsumsi sebagai beta karoten, kemudian dikonversi menjadi vitamin A dalam tubuh) juga sangat penting bagi kehamilan serta menyusui untuk sintesis hormon.

4. Mengatasi Peradangan
Kolin merupakan sebuah nutrisi yang penting serta serbaguna salah satunya untuk mebantu tidur, gerakan otot, belajar serta memori. Kolin juga berfungsi untuk mempertahankan struktur membran sel, serta dalam transmisi impuls saraf,  dan juga penyerapan lemak serta mengurangi inflammation. Dalam sebuah pembelajaran yang telah dipublikasikan oleh Journal of Medicinal Food, ekstrak ubi jalar ungu terdapat efek anti-inflamasi serta antilipogenic positif.

5. Menjaga Kesehatan Mata
Menurut Duke dokter mata Jill Koury, MD, kekurangan vitamin A bisa mengaibatkan segmen luar fotoreseptor mata memburuk, merusak pengliatan secara normal. memperbaikinya yaitu dengan makanan tinggi beta karoten bakal mengembalikan performa penglihatan.

Dari beberapa catatan,  vitamin C serta E yang terdapat dalam ubi jalar sudah terbukti utuk kesehatan mata serta mencegah kerusakan degeneratif.

Hanya ini postingan dari kami tentang Manfaat dari Ubi Jalar Untuk Menjaga Kesehatan Jantung, semoga bermanfaat untuk kita semua, sebelumnya kami juga minta maaf jika ada kesalahan dalam penulisan. sekian dan terimakasih.

Baca juga : Luar biasa manfaat dari air tebu yang tidak diragukan lagi
Disqus Comments