Jumat, 26 Mei 2017

Luar Biasa Manfaat dari Air Tebu yang Tidak Diragukan Lagi


Luar biasa manfaat dari air tebu yang tidak diragukan lagi -Tebu dengan kata lain famili Gramineae (keluarga rumput) dengan nama latin Saccharum officinarum adalah salah satu buah yang mempunyai banyak manfaat salahsatunya pada airnya. Banyak dari kita menkonsumsi air tebu terutama pada musim kemarau, dikarenakan dibandingkan dengan musim dingin pada musim keamarau lebih mantap dan segar dalam menikmatinya. Tidak hanya itu saja tanaman tebu saat ini rata-rata sangat banyak dijumpai di Indonesia, apalagi di daerah pegunungan. Sebab tanaman tebu sangat baik ditanam di daerah udara yang sejuk. Tidak hanya bermanfaaat sebagai menghilangkan haus, tetapi air tebu juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Ciri-ciri Tanaman Tebu
Tanaman tebu mempunyai bentuk semacam  batang yang dapat berdiri tegak lurus dengan daun yang mempunyai permukaan kasar. Tebu ditutupi oleh lapisan kulit yang sangat keras dengan isi batang yang memilki ruas. Kulit luar tak jarang diselimuti oleh bubuk putih kebiruan yang dapat hilang apabila digosok lembut. Batangnya dapat tumbuh dengan tinggi lebih kurang dari 2 meter serta mengeluarkan bunga berwarna putih dan bulu yang sangat tak sedikit. Ruas tebu dapat sangat banyak itupun tergantung dari tempat tumbuhnya. Tebu hampir terkesan semacam tanaman rumput ketika tetap muda serta bakal mempunyai daun coklat kering apabila telah datangnya masa panen.

Kandungan Gizi Dalam Tebu
Nama Bahan Makanan : Tebu Terubuk
Nama Lain / Pilihan : -
Tidak sedikitnya Tebu Terubuk yang diteliti (Food Weight) = 100 gr
Bagian Tebu Terubuk yang bisa dikonsumsi (Bdd / Food Edible) = 20 %
Jumlah Kandungan Energi Tebu Terubuk = 25 kkal
Jumlah Kandungan Protein Tebu Terubuk = 4,6 gr
Jumlah Kandungan Lemak Tebu Terubuk = 0,4 gr
Jumlah Kandungan Karbohidrat Tebu Terubuk = 3 gr
Jumlah Kandungan Kalsium Tebu Terubuk = 40 mg
Jumlah Kandungan Fosfor Tebu Terubuk = 80 mg
Jumlah Kandungan Zat Logam Tebu Terubuk = 2 mg
Jumlah Kandungan Vitamin A Tebu Terubuk = 0 IU
Jumlah Kandungan Vitamin B1 Tebu Terubuk = 0,08 mg
Jumlah Kandungan Vitamin C Tebu Terubuk = 50 mg
Khasiat / Kegunaaan Tebu Terubuk : - (Belum Terdapat)
Huruf Awal Nama Bahan Makanan : T
Sumber Info Gizi : Beberapa publikasi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dan sumber lainnya.

Adapun sistematika ilmiah tanaman tebu menurut Syakir & Indrawanto (2010) yaitu.
Divisi : Spermatophyta
Subdivisi : Angiospermae
Kelas : Monocotyledone
Ordo : Graminales
Famili : Graminae
Genus : Saccharum
Species : Saccarum officinaru

Kandungan sukrosa di dalam tanaman tebu sebesar 8-15% dari bobot batang tebu. Batang tebu mengandung serat serta kulit batang sebesar 12,5% serta nira sebesar 82,5%, yang terdiri dari gula, mineral, serta bahan-bahan non gula lainya, (Gountara & Wijandi, 1985). Menurut Soerjadi (1979), komposisi batang tebu terdiri dari monosakarida 0,5%-1,5%, sukrosa 11%-19%, zat organik abu 0,5%-1,5%, sabut (selulosa, pentosan) 11%-19%, asam organik 0,15%, bahan lain lilin, zat warna, ikatan N, air 65%-75%.

Faktor yang mempengaruhi kerusakan pada tebu antara lain penyimpanan setelah panen, dengan waktu yang lama dalam penyimpanan maka bakal terus rendah kadar sukrosanya. Penyimpanan tebu biasanya di tumpuk dalam sebuah ruangan, jadi suhu didalam menjadi lebih panas. Faktor ini menyebabkan inversi pada sukrosa. Tidak hanya itu bakal merangsang tumbuhnya mikroorganisme yang menyebabkan batang tebu menjadi rusak. Nira yang disimpan selama enam jam bakal kehilangan sukrosa setidak sedikit sekitar 14,3% (Gouatara & Wijandi, 1985).

Manfaat Air Tebu Untuk Kesehatan

1. Sebagai Penawar Penyakit Kuning
Manfaat air tebu sebagai penawar dari penyakit kuning. Sebagaimana yang diketahui penyakit kuning merupakan penyakit yang dikarenakan dari pigmentasi yang terjadi pada membran serta kulit yang dikarenakan sebab tersedianya billubirin di dalam darah. Penyakit ini timbul sebab fungsi hati tak bekerja dengan baik. Dengan menkonsumsinya, maka manfaat hati bisa bekerja dengan baik kembali jadi penyakit kuning bakal segera teratasi.

2. Bisa Mengatasi Penyakit Payudara
Air tebu mempunyai kandungan yang bersifat alkali. Jadi sangat bermanfaat untuk melawan penyakit kanker payudara dan prostat. Khasiat air tebu kepada kanker payudara sangat terasa bila menknsumsinya dengan cara rutin.

3. Mampu Mengatasi Dari Penyakit Infeksi Lambung
Kekurangannya kalium pada tubuh bisa berasalah dengan lambung terkena infeksi. Oleh sebab itu disarankan untuk mengkonsumsi air tebu, sebab air tebu mempunyai kandungan kalium yang tinggi. Kalium sangat berpengaruh pada kinerja syaraf serta otot tubuh. Tidak hanya bisa mengatasi penyakit infeksi lambung, minuman ini juga bermanfaat untuk mengatasi penyakit sembelit serta diare.

Baca disini :  Jangan Lewatkan.. Manfaat Daun Sirsak Untuk Mengobati Kanker


4. Mampu Mengatasi Diabetes
Air tebu sangatlah mempunyai efek anti diabetes sebab tebu mengandung sakaran (senyawa anti diabetik). Sayangnya dalam pengolahan menjadi gula pasir, senyawa tersebut hilang saat proses pemanasan serta yang bersi kukuh merupakan sakarosa (senyawa pencetus diabetes). Jadi itulah yang membedakan air tebu dengan gula pasir.

5. Kesehatan Pada Mata
Air tebu tak sedikit mengandung karbohidrat yang bisa menolong kami untuk memperoleh gula murni. Faktor ini baik untuk kesehatan mata. Tidak hanya itu adanya vitamin A dalam jus tebu juga turut berperan menambah pengamatan kita.

6. Mampu Mencegah Stroke
Dengan mengkonsumsi air tebu secara teratur mampu menjaga metabolisme tubuh karena kekurangan cairan. Pada faktor ini bakal mengatasi untuk mencegah terjadinya stroke.

7. Kesehatan Kulit
Air tebu mempunyai asam alpha yang membatu wanita dari efek penuaan dini. Faktor ini memang untuk mencegah jerawat, menjadikan kulit tetap lembut, serta wanita terlihat dalam keadaan awet muda.

Selain itu, air tebu juga mengandung asam glikolat yang bisa mencerahkan kulit dengan menolong proses pengelupasan kulit mati. Proses ini menjadikan kulit tampak lebih putih, halus serta cerah. Kemudian air tebu juga bisa mencegah kulit yang berminyak, kulit kusam serta menghilangkan noda hitam bekas jerawat.

8. Mengatasi Kesehatan Pada Kuku
Apabila kekurangan nutrisi maka faktor pertama yang dilihat yaitu pada kuku. Biasanya pertanda keurangan nutrisi seperti kuku yang mudah rapuh, timbul bintik putih dan coklat dan keluar garis lurus pada kuku. dalam mengatasi hal ini maka dapat memenuhi nutrisi mineral dan sumber lain dari air tebu. Konsumsilah air tebu dapat menjadikan kuku jadi lebih kuat dan kuku juga lebih mengkilap.

9. Mampu Menurunkan Berat Badan
Tebu yang mengandung policosanol yang bisa menurunkan produksi kolesterol di hati serta kolesterol jahat yaitu LDL (Low Density Lipoprotein). LDL tak bisa merusak tubuh apabila mengkonsumsi 10 mg policosanol sekali dalam sehari. LDL sebagai kolesterol baik bakal menambah 11,3% dalam proses ini. Policosanol merupakan protein dalam plasma darah yang bisa menurunkan berat badan.

Anda mungkin beranggapan penurunan berat badan sebagai efek samping negatif, namun bagi kalian yang mempunyai dan mengalami sakit parah faktor itu dapat berbahaya di konsumsi jadi wajib berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu supaya tak berlebihan mengkonsumsi tebu.

Mungkin hanya ini postingan dari kami tentang manfaat dari air tebu untuk kesehatan, semoga bermanfaat untuk kita semua, terutama bagi pembaca yang telah meluangkan waktunya dalam membaca postingan kami. sekian dan terimakasih. Bagi kalian yang ingin membaca postingan yang tak jauh menariknya dari ini silahkan kunjungin www.manfaatbuah123.com
Disqus Comments