Senin, 24 April 2017

Manfaat Jagung Untuk Kesehatan Ibu Hamil



Manfaat Jagung Untuk Kesehatan Ibu Hamil - Jangung adalah sebuah tanaman sayuran penghasil karbohidrat tidak hanya gandum dan padi saja. Jagung berasal dari Meksiko dan Amerika Tengah. Meskipun dipandang sebagai sayuran, sebetulnya adalah biji-bijian makanan. Pada masa sekarang ini  jagung yang menjadi komponen penting dalam makanan untuk hewan seperti ayam, burung dll. Jagung bersumber minyak pangan dan bahan dasar dari tepung maizena. Beberapa produk olahan hasil jagung menjadi suatu  bahan dasr pada beberapa produk industri.

Tanaman jagung salah satu tanaman yang memiliki tipe yang luar biasa. Sejak abad ke-20 tanaman jagung telah menjadi objek penelitian genetika yang lumayan intensif. Dengan cara fisiologi, tanaman ini bisa termasuk tanaman C4 jadi amat efisien dalam memanfaatkan sinar matahari.

Jagung salah satu tipe makanan bisa dengan mudah dikenal dari bentuknya, bijinya warna kuning dan letaknya berderetan memanjang dengan melingkari tongkolnya. Ada beberapa cara dalam menikmati jagung, bisa dengan di bakar ataupun direbus. Jagung yang berusia agak tua bisa dijadikan popcorn. Manfaat jagung sangat baik untuk dikonsumsi. Dibalik rasanya yang enak, jagung juga kaya bakal bagi kesehatan tubuh dan juga untuk kesehatan ibu hamil.

Manusia membutuhkan energi dalam mejalankan aktivitas dan berpikir. Dengan menkonsumsi beberapa tipe makanan yang mengandung karbohidrat seperti jangung ini. Karena makanan yang mengandung karbohidrat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Pada kesempatan ini kita akan membahas manfaat jagung untuk kesehatan ibu hamil

Bagi ibu hamil untuk pertama kalinya. Salah satu tradisi yang paling  ditakutkan oleh ibu hamil yaitu tentang makanan yang boleh dimakan serta tak boleh dimakan, karena biasanya Setiap makanan yang tak boleh dimakan bakal menyebabkan gangguan kehamilan seperti resiko keguguran atau keracunan. Apakah jagung termasuk makanan yang meragukan untuk ibu hamil ? tentu tidak,
Jagung dimakan menjadi jagung rebus atau bisa diolahan menjadi sup. Jagung dapat menjadi cemilan yang sangat baik untuk bunda hamil. Jagung juga menyimpan beberapa nutrisi inti semacam vitamin, protein serta beberapa tipe mineral. Menkonsumsi jagung disarankan untuk ibu hamil sebab dapat membantu dalam perkembangan janin. di bawah ini ada kandungan jagung secara rinci yaitu :

1. Mengandung Folat
Jagung adalah salah satu sumber asam folat serta vitamin B12 paling baik. Perpaduan kedua vitamin ini bisa  mencegah cacat tabung saraf semacam kondisi spina bifida, yaitu sebuah keadaan yang mempengaruhi sistem saraf serta tulang belakang bayi. Dianjurkan bagi ibu hamil  untuk mengkonsumsi jagung rebus. Faktor ini juga bakal membatu dalam pencegahan hidrosefalus terhadap bayi.

2. Mengandung Agen Antikanker
Jagung dikenal mengandung penyuplai antikanker, juga sebagai makanan paling baik bagi ibu hamil khususnya yang dengan hipertensi atau diabetes.

3. Mengandung Serat
 Asupan serat yang tinggi adalah solusi paling baik untuk mencegah sembelit yang biasa terjadi pada ibu hamil. Khususnya dalam mencegah wasir terhadap ibu hamil, sebab kondisi seperti ini sanga menyakitkan terhadap ibu hamil dengan kondisi yang tidak aman. coba digabungkan jagung dengan porsi yang lebih kecil untuk mengurangi sembelit terhadap ibu hamil.

4. Betakaroten
Jagung manis yang berwarna kuning mengandung beta karoten dalam jumlah  lumayan baik. Beta karoten merupakan senyawa yang bakal diolah tubuh menjadi vitamin A, serta bermanfaat untuk kesehatan pengamatan ibu dan bayi.

5. Mengandung Mineral/air
Mineral yang tersedia dalam jagung manis yaitu fosfor, yang baik bagi pengembangan kepadatan tulang serta mencegah masalh ginjal ibu hamil dan janinya. Magnesium dalam jagung manis berperan untuk memastikan detak jantung yang normal. Ibu hamil pasti membutuhkan lebih banyak magnesium pada trimester pertama dan kedua kehamilan, karna masa ini  masa saat dimana jantung bayi berkembang. Yang terakhir yaitu tembaga, zat logam serta kalium, yang sangat penting untuk ibu hamil dalam pencegahan anemia, pencegahan darah tinggi, serta untuk menambah jumlah darah.

Nah demikianlah sedikit pembahasan tentang manfaat jagung untuk kesehatan ibu hamil. semoga bermanfaat untuk kita semua dan terutama bagi ibu-ibu hamil. Sekian dan Terimakasih
Disqus Comments