Minggu, 23 April 2017

Manfaat Buah Delima Untuk Kesehatan dan Sebagai Obat Alami



Manfaat Buah Delima Untuk Kesehatan dan Sebagai Obat Alami - Buah delima dalam bahasa latin yaitu punica granatum dengan julukan 'super fruit' oleh para peneliti nama delima di ambil dari kata prancis yaitu pomegranate. Buah Delima pada umumnya ditemukan serta tumbuh dengan baik di daerah beriklim tropis. Mesikipun buah ini tergolong langka, tetapi tetap terdapat buah impor dipasaran. Buah terkenal dibeberapa negara dengan khasiatnya yang sangat bagus untuk kesehatan, jadi termasuk dalam buah yang sehat ada dalam daftar makanan sehat setiap hari. Buah delima juga dikenal dengan kandungan vitamin dan antioksidan, yang dipastikan bagus untuk kesehatan, perawatan kulit,dan bahkan juga bisa sebagai obat alami.

Cara mengeluarkan isi buah delima mempuyai cara tersendiri. yaitu belah buah delima menjadi dua tahap, setelah di belah ambil sendok makan serta siapkan piring atau mangkuk untuk wadahnya. Ambil buah delima yang telah dibelah, posisikan di atas wadah dengan punggung buah berada di atas. Selanjutnya, gunakan sendok makan untuk memukul-mukul punggungnya hingga isi buah delima habis tidak bersisa. Dengan cara ini, isi dari buah delima bakal keluar tanpa memerlukan waktu yang lama.

Buah delima bisa dinikmati dengan makan langsung ataupun juga bisa dibuat menjadi jus. cara membuat jus sepertia biasa ambil isi buah delima, lalu masukkan ke dalam blender. Masukkan sedikit es batu yang sebelumnya telah dihancurkan. Kalian bisa tambahkan sedikit gula pasir atau sirup supaya rasanya manis. Kemudian blender bahan yang tadi sampai tercampur rata. Bila kalian tidak suka teksturnya yang kasar saat diblender, kalian bisa menyaringnya terlebih dahulu.

Kandungan Nutrisi Dalam Buah Delima

o Kandungan Gizi Delima - Promegranate
o Delima, hanya arils nilai gizi per 100 g (3.5 oz)
o Energi 346 kJ (83 kcal)
o Karbohidrat 18,7 g
o Gula 13.7 g
o Diet serat 4,0 g
o Lemak 1,2 g
o Protein 1,7 g
o Thiamine (Vit. B1) 0.07 mg (5%)
o Riboflavin (Vit. B2) 0,05 mg (3%)
o Niacin (Vit. B3) 0,29 mg (2%)
o Asam pantotenat (B5) 0,38 mg (8%)
o Vitamin B6 0,08 mg (6%)
o Folat (Vit. B9) 38 mg (10%)
o Vitamin C 10 mg (17%)
o Kalsium 10 mg (1%)
o Besi 0,30 mg (2%)
o Magnesium 12 mg (3%)
o Fosfor 36 mg (5%)
o Kalium 236 mg (5%)
o Seng 0,35 mg (3%)

Di bawah ini ada beberapa manfaat buah delima untuk kesehatan dan sebagai obat alami

1. Sebagai Perawatan Gigi
Manfaat pertama dari buah ini yaitu sebagai perawatan gigi. Sifat antibakteri serta antivirus yang bakal berfungsi untuk mengurangi efek plak pada gigi serta melindungi kepada beberapa penyakit mulut.

2. Mencegah Kanker Prostat
Ada Satu penelitian kecil pada tahun 2006 menemukan bahwa minum 227 ml harian dari jus delima dengan cara signifikan akan memperlambat kemajuan kanker prostat pada pria dengan kanker prostat berulang, tetapi penelitian lebih lanjut dibutuhkan untuk menemukan bukti yang mendukung temuan ini.

3. Bisa Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Vitamin C dalam buah delima sangat berfungsi untuk menjaga dan menambah sistem kekebalan tubuh. Buah delima yang berkapasitas menengah mengandung lebih kurang 15 % vitamin C dari kebutuhan seharian dalam tubuh.

4. Bisa Menyehatkan Kulit
Vitamin C juga bermanfaat untuk membantu memproduksi kolagen untuk kulit yang sehat. Zat antioksidan yang ada dalam buah delima bakal melindungi kulit dari polusi, mencegah dari penuaan dini, serta kanker kulit. Buah delima juga mampu meregenerasi sel kulit, menghapus sel-sel yang telah mati dan kulit kusam, jadi dengan menkonsumsi buah ini akan membuat kulit jadi sehat serta bersinar.

Baca Juga : Manfaat Buah Blueberry Untuk Mencegah Kulit Keriput

5. Mampu Menghilangkan Jerawat
Buah delima kaya dengan kandungan vitamin C ini mampu mengatur produksi sebum yaitu pada zat minyak yang disekresikan oleh kulit yang penyebab timbulnya jerawat. Buah delima juga berfungsi untuk mengatasi persoalan pencernaan, jadi akan menambah sirkulasi pada darah yang sehat. Mengoleskan jus delima pada daerah jerawat bakal membantu mennghilangkan bekas jerawat (Flek hitam) dengan menumbuhkan pori-pori baru di daerah tersebut.

6. Bisa Mengatasi Gangguan Perut
Cara penggunaannya kupas buah delima serta gunakan untuk menenangkan gangguan lambung atau diare yang disebabkan oleh setiap jenis dalam pencernaan. Minum teh yang terbuat dari daun buah ini, dan juga mampu  menyembuhkan persoalan pencernaan. Jus buah delima juga bisa menangani persoalan semacam disentri dan kolera.

7. Bisa Menghindari Anemia
Aliran darah yang sehat bisa dipertahankan dalam tubuh dengan menkonsumsi buah ini dengan cara apapun. Persediaan delima zat logam dalam darah, bisa membantu mengurangi gejala anemia, termasuk kecapean, pusing, bahkan gangguan pendengaran.

8. Mampu Mengontrol Berat Badan
Manfaat yang terakhir juga sangat bagus yaitu bisa mengontrol berat badan. Hal ini disebabkan antioksidan dari buah delima ini, apabila di juskan dan diminum setiap hari dengan rutin akan membantu mengendalikan berat badan.

Perlu juga kita ketahui kadar gula yang terkandung dalam buah delima ini mungkin melebihi kadar gula maksimum untuk jatah seharian, oleh karena itu tidak cocok bagi penderita diabetes yang harus rendah gula. Secara garis besar biji buah delima terbukti sangat aman untuk dikonsumsi, karena pada zaman dahulu mereka orang-orang awam yang telah menjadikan sebagai makanan dan obat alamiah selama ribuan tahun.

Mungkin hanya ini postingan dari kami tentang manfaat buah delima untuk kesehatan dan sebagai obat alami, semoga bermanfaat untuk kita semua. Jika ada salah kata dalam postingan di atas, kami mohon maaf sekian dan terima kasih.
Disqus Comments