Sabtu, 15 April 2017

Manfaat Buah Labu Untuk Kesehatan



Manfaat Buah Labu Untuk Kesehatan - Labu adalah salah salah satu sayuran yang banyak di tanamin oleh para petani dan mempunyai kandungan antioksidan yang tinggi dan vitamin yang bagus untuk kesehatan. Labu mempunyai kandungan rendah kalori dan diperkaya dengan kandungan vitamin A, flavonoid poli-fenolik antioksidan semacam leutin, xanthin, dan karoten. Labu tergolong dalam flora yang cepat tumbuh dan masuk dalam tipe keluarga Cucurbitaceae. Labu adalah salah satu tanaman yang paling terkenal dan sering dibudidayakan di seluruh dunia, tergolong di Indonesia. Labu sangat bervariasi dalam bentuk, warna dan ukuran. Pada umumnya ukuran labu adalah 4-6 kg dan terbesar bisa mencapai berat paling besar yaitu 25 kg. Pada umumnya labu ini berwarna orange atau kuning berbagai varietas juga ada warna hijau gelap, coklat dan abu-abu.

Kandungan Gizi Dalam Buah Labu

Labu salah satu makanan yang mengandung kalori, karbohidrat, protein, lemak, mineral (kalsium, fosfor, besi, natrium, kalium, tembaga serta seng), beta karoten, tiamin, niasin, serat, serta vitamin C. Paling tak sedikit kandungan nutrisi waluh adalah beta-karoten yang adalah pro-vitamin A , yaitu yang bakal diubah menjadi vitamin A. Faktor ini berguna untuk menjaga kesehatan mata, kulit, kekebalan tubuh serta sistem reproduksi. Labu juga dikenal sebagai “rajanya sumber beta-karoten.

 Manfaat Labu Untuk Kesehatan

1. Merawat Kesehatan Mata
Kandungan yang paling berperan dalam faktor ini yaitu vitamin A. Kandungannya sebanyak 426 gram sanggup membatu pemeliharaan mata. Faktor sangat di anjurkan dari dokter karena mata makin lama terus menua, lensa pupil nya akan terus keruh. Dengan demikan, mulai dari kini untuk sama-sama memperbanyak konsumsi vitamin A.

2. Jadikan Kulit Sehat
Labu juga dikenal dengan kaya bakal asam lemak, protein dan juga mengandung vitamin E, zinc, dan magnesium,  yang bermanfaat untuk kulit menjadi lebih segar serta sehat. Makan labu juga dapat mendorong regenerasi sel kulit, dan bisa melawan kuman penyebab jerawat. Vitamin E merupakan antioksidan kuat yang berfungsi dalam proses pembetulan kulit. Zinc yang terdapat dalam labu juga dapat menjadi obat jerawat. 

3. Mampu Mencegah Hipertensi
Manfaat labu sangat bagus bagi kalian yang sering mengalami tekanan darah tinggi. Buah labu ini sanggup mengontrol tekanan darah kalian dalam keadaan seimbang serta tak memunculkan hipertensi.

4. Sebagai Obat Sembelit
Manfaat labu juga sebagai salah satu obat yang mampu menanggulangi penyakit sembelit. Sembelit merupakan penyakit yang menyerang pencernaan. Dengan mengonsumsi buah ini secara teratur, sembelit akan bakal reda dengan perlahannya.

5. Mampu Mengobati Anak Cacingan
Adapun manfaat selanjutnya mampu mengobati anak cacingan, tutorialnya sebagai berikut: siapkan dan ambil biji buah labu segar tak lebih lebih 10 gram, sangrai biji tersebut serta tumbuk sampai lembut dan menghalus, seduh hasil tumbukan denga air panas ukuran setengah  gelas, aduk serta saring.  Dan minumkan ramuan herbal ini ke anak saat sebelum tidur.

6. Pertumbuhan Tulang
Buah labu ini sangat di butuhkan dalam pertumbuhan tulang. Faktor ini sebab kandungan kalsium di dalamnya bisa menjadikan tulang tetap sehat serta tumbuh dengan baik. Oleh karena tulah kenapa buah ini bisa menjadi sumber kalsium yang baik untuk pertumbuhan tulang pada anak.

7. Menyehatkan Gigi
Selain untuk tulang, buah labu ini juga disarankan bagus untuk menyehatkan gigi. Dengan menyikat gigi saja bulum cuku apabila tetap menkonsumsi makanan yang tidak sehat. Buah ini akan menutrisi gigi supaya jadi lebih kuat serta sehat.

8. Mencegah Kanker
Buah labu ini juga mampu mencegah dari penyakit kanker. Buah ini sanggup menjaga ketahanan sel dalam tubuh jadi tak mudah rusak. penyebat terjadinya penyakit kanker dikarenakan adanya sel yang rusak yang biasanya didampakkan oleh efek radikal bebas.

9. Anti Inflamasi
Buah labu juga bermanfaat sebagai makanan anti inflamasi. Buah ini mampu meredakan nyeri yang di rasakan di berbagai bagian tubuh. oleh karna itu mulailah mengonsumsi buah ini pada sejak dini hari supaya nyeri tubuh bisa dicegah.

10. Mampu Mencegah Stroke
Stroke merupakan salah satu penyakit yang mampu diatasi oleh buah labu. Apabila kalian ingin tubuh  terbebas dan terhindar dari penyakit stroke, cobalah makan buah labu ini secara rutin. Tubuh pun bakal kebal dari penyakit stroke.

Manfaat labu untuk kesehatan juga dapat menstabilkan gula darah dengan menjaga pola makan sebab kandungan labu yang rendah gula, walaupun demikian masih bermanfaat untuk tubuh dengan memberikan sumber energi. Kandungan magnesium yang ada pada labu membuat lebih tenang karna dapat membuat rileks saraf, tidak hanya itu biji labu mengandung zat logam yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan khususnya anemia yang sering dialami wanita. Buah labu juga dapat melancarkan pencernaan khususnya usus manusia. Buah labu biasanya di buat jadi sayur-sayuran dan sebagai lauk untuk makan serta juga bisa d jadikan cemilan yang berbahan dasar labu.

Hanya ini yang dapat kami berikan tentang Manfaat buah labu untuk kesehatan, semoga bermanfaat untuk kita semua, bagikan artikel ini untuk teman2 terdekat anda. Sekian dan Terimakasih.

Baca Juga : Manfaat Buah Kelengkeng dan Bahaya Buah Kelengkeng untuk Ibu Hamil 

Disqus Comments