Sabtu, 01 April 2017

Manfaat Buah Mahoni dan Bijinya untuk Obat



Manfaat Buah Mahoni dan Bijinya untuk Obat - Manfaat Mahoni mulai dari buah sampai biji serta pohonnya bagi kesehatan tubuh banyak didapatkan dikalangan obat herbal. Pohon mahoni, ditemukan di wilayah Pasifik Selatan khususnya di Kepulauan Solomon. Tanaman mahoni ini juga dikenal dengan kayu yang indah dapat dipakai untuk furnitur serta ukiran. Tetapi, tanaman mahoni juga mempunyai manfaat yang tak lebih dikenal, tahap biji serta buah mahoni bisa digiling serta diambil untuk beberapa manfaat kesehatan.

Biji mahoni dikenal di mana pohon-pohon mahoni tumbuh serta dapat di pakai sebagai tahap dari makanan yang bervariasi serta sehat. Tidak hanya itu, hasil dari gilingan biji mahoni menjadi bubuk serta meminumnya dengan air. Paat saat ini, ekstrak biji mahoni ada dalam bentuk kapsul, sebagai suplemen makanan. Biji mahoni mengandung 33 tipe flavonoid serta 27 tipe saponin, faktor ini dapat menghasilkan lebih kaya nutrisi tanaman, padat nutrisi lainnya, semacam ginseng. Tidak hanya itu juga mengandung beberapa vitamin, mineral, protein, serta asam lemak yang diperlukan untuk manfaat tubuh yang sehat.

Sebelum kami bahas lebih jauh tentang manfaat buah mahoni untuk kesehatan, ada baiknya mengenal terlebih dahulu dengan tanaman ini. Mahoni tergolong pohon besar tinggi pohonnya mencapai 35–40 M serta diameter mencapai 125 cm. Batangnya lurus berbentuk silindris serta tak berbanir. Kulit luar berwarna cokelat kehitaman, beralur sertagkal semacam sisik, sedangkan kulit batang berwarna kelabu serta halus ketika tetap muda, berubah menjadi cokelat tua, beralur serta mengelupas seusai tua. Buah mahoni mulai berbunga pada saat berusia 7 tahun, mahkota bunganya silindris, kuning kecoklatan, benang sari melekat pada mahkota, kepala sari putih, kuning kecoklatan. Buahnya kotak, bulat telur, berlekuk lima, warnanya cokelat. Biji pipih, warnanya hitam atau cokelat. Mahoni bisa ditemukan tumbuh liar di hutan jati serta tempat yang dekat dengan pantai, pohon ini ditanam di tepi jalan sebagai pohon pelindung.  Tanamannya bersumber dari Hindia Barat, Pohon ini bisa tumbuh subur di pasir asin dekat dengan pantai.

Di bawah ini ada beberapa manfaat buah mahoni dan bijinya untuk kesehatan.

1. Dapat Menyehatkan Jantung.
Salah satu keuntungan paling besar dari biji mahoni merupakan efeknya pada peningkatan sirkulasi darah. Flavonoid dalam biji mahoni langsung menolong dalam menambah sirkulasi, sedangkan saponin baik untuk kesehatan jantung. Kombinasi nutrisi dalam biji mahoni membuat pengobatan secara alamiah yang baik untuk mendorong kesehatan jantung serta sirkulasi darah yang lebih baik.

2. Mengontrol Gula Darah.
Manfaat positif lain dari biji mahoni merupakan efeknya yang sanggup mengatur gula darah. Bagi penderita diabetes, mengkonsumsi 1/2 sdt biji mahoni bubuk dengan air hangat sebelum makan bisa menolong menjaga kadar gula darah masih stabil. Kandungan saponin yang ada pada tanaman mahoni, langsung berkhasiat untuk menolong mengeluarkan gula darah.

3. Mengurangi Nyeri Pada Haid.
Wanita yang sedang mengalami nyeri haid bisa menahan rasa sakit ini dengan bantuan buah mahoni. Makan sejumput buah mahoni pada hari pertama siklus menstruasi, bakal mengurangi rasa sakit.

4. Penanggkal Serangga.
Biji mahoni yang diambil dalam bentuk bubuk, bisa bermanfaat sebagai seperti semprotan penangkal serangga. Dengan cara khusus, saponin dalam bijinya cenderung untuk mencegah serangga. Bagi kalian yang tinggal di iklim tropis atau yang tak bisa menghindari kontak dengan serangga seperti nyamuk pembawa malaria, bubuk biji mahoni ini bisa dipakai sebagai suplemen untuk menambah perlindungan kepada penyakit yang ditularkan oleh serangga.

5. Menambah Nafsu Makan.
Apabila diantara kalian mengapa tubuh tak bisa memperoleh berat badan dengan semua makanan sehat yang sudah konsumsi. Buah mahoni bisa menjadi jalan keluarnya, buah ini bermanfaat bagi mereka yang ingin meningkatkan nafsu makan. Dengan demikian bakal meningkatkan berat badan dengan cara bertahap.

Mungkin hanya ini yang dapat kami bagikan dari manfaat buah mahoni dan bijinya untuk kesehatan sekalian juga sebagai obat alami, semoga bermanfaat untuk para pembacanya. Sekian dan Terimakasih.

Baca juga di sini : Manfaat Buah Durian untuk Mengobati Insomnia.
Disqus Comments