Rabu, 19 April 2017

Manfaat Buah Mengkudu / Noni Untuk Kesehatan dan Bisa Mengobati Penyakit Kuning



Manfaat Buah Mengkudu Untuk Kesehatan dan Pengobatan Alamiah - Buah mengkudu adalah buah  yang berasal dari Asia Tenggara, buah mengkudu ini berbentuk lonjong dengan bintik-bintik kecil dibagian kulitnya. tetapi banyak masyarakat tidak menyukai buah mengkudu ini dikarenakan baunya yang tidak enak.

Pada umumnya orang-orang jarang mengetahui tetang manfaat dari buah mengkudu, tetepi di balik itu semua buah ini banyak manfaatnya caranya ada yang membuat menjadi rujak, jus, serta masakan. Tetapi sebelum mengonsumsi buah ini, terlebih dahulu kalian wajib mengenal tipe buah mengkudu yang berbahaya dan yang tidak.

Buah mengkudu lebih kurang 80 jenis. Diantar 80 ada 20 tipe yang bisa di konsumsi, sedangkan 60 tipe nya lagi beracun, dengan kata lain berbahaya jika di konsumsi. Oleh karna itu, sebelum menkonsumsi buah mengkudu alangkah lebih baiknya tanyakan terlebih dahulu terhadap para ahlinya.

Sebelum menkonsumsi buah mengkudu terlebih dahulu kita mengenal ciri-ciri tanaman mengkudu

1. Pohon
Pohon mengkudu tak terlalu besar dan tak terlalu tinggi. Tingginya sekitar 4-6 meter. Dahan dari pohon mengkudu kaku, akarnya tunggang serta mempunyai dahan kasar. Warna batangnya kecokelat serta keabu-abuan.

2. Daun
Daunnya tebal. Daun mengkudu letaknya saling berhadap-hadapan. Daunnya lebar serta besar dan tepi daunnya rata.

3. Bunga
Bunga dari tanaman mengkudu majemuk, bunganya bulat. Tangkai bunga nya pun sepanjang 4 cm. Bunga mengkudu diberi nama buah banci, karena bermahkota bunga putih, bentuknya menyerupai corong serta mempunyai panjang 1,5 cm. Benang sari  menancap di mulut mahkota. Putik bunga mengkudu berjumlah dua.

Manfaat buah menkudu untuk kesehatan dan pengobatan

1. Mampu Menghilangkan Sakit Kepala
Sakit kepala bisa timbul sebab adanya penegangan dibagian otot serta saraf pusat. Walau hanya sebatas sakit kepala ringan, namun apabila dibiarkan itu bakal sangat berbahaya sekali.

Menurut penelitian, manfaat buah mengkudu untuk mengobati sakit kepala terbilang lumayan besar. dikarenakan dalam buah berjuluk “pace” ini mengandung senyawa analgesik sebesar 75 %. Tidak hanya bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit kepala saja, namun kandungan dalam buah ini juga mampu mengurangi rasa nyeri. Bahkan keampuhannya melebihi morfin sulfat

2. Mampu Melancarkan Sistem Pencernaan
Tak hanya buah pepaya saja yang kaya bakal serat yang mampu melancarkan sistem pencernaan, tetapi buah mengkudu juga mempuyai serat yang sama dengan buah pepaya.

Manfaat buah mengkudu bagi pencernaan, mulai dari melancarkan BAB hingga dengan menanggulangi adanya diare dengan kata lain disentri. Untuk memperoleh khasiat buah mengkudu, Kamu bisa mengonsumsinya dengan cara langsung ataupun diblender menjadi jus segar.

3. Dapat Meningkatan Sistem Imun Tubuh
Mengonsumsi buah mengkudu dengan cara teratu menurut para pakar bakal sangat baik untuk menambah sistem imun ataupun sistem kekebalan tubuh. Karna buah mengkudu mengandung beberapa macam mineral alami, peptida, vitamin C, E. Kandungan-kandungan tersebutlah yang menjadi alasan sehingga berkhasiat cukup besar dalam meningkatkan sistem imun tubuh.

Dengan meningkatkatnya sistem imun tubuh, maka tubuh  tidak dengan mudah terserang penyakit. Khususnya penyakit ringan seperti pilek, flu, batuk, pusing, masuk angin, serta yang sejenis dengannya.

4. Mampu Melawan Kuman
Dalam buah mengkudu seperti antrakuinon, skopoletin, dan terpena yang fungsinya mampu melawan kuman karena pada buah ini mempuyai sifat anti bakteri, anti jamur, dan anti parasit.

5. Sebagai Obat Sakit Perut
Khasiat buah mengkudu sebagai obat sakit perut. Jika diantara kalian atau keluarga yang sedang megalami sakit perut, ambillah 2-3 lembar daun mengkudu, dicuci sampai bersih, kemudian ditumbuk sampai halus, ditambah garam serta diseduh dengan air panas. tunggu airnya sampai dingin, tahap selanjutnya airnya disaring dan diminum.

6. Mampu Mengatasi Kulit Bersisik
Buah mengkudu yang telah masak di pohon mempuyai banyak manfaat Salah satunya untuk kecantikan kulit, buah mengkudu dapat dipakai untuk menghaluskan kulit. Caranya, pada kulit yang bersisik digosok dengan buah mengkudu hingga merata, serta dibiarkan kira-kira 5-10 menit, selanjutnya dibersihkan dengan kain bersih yang dibasahi dengan air hangat.

7. Mampu Mengobati Penyakit Kuning
Manfaat buah mengkudu selanjut nya yaitu mampu mengobati penyakit kuning, Bahan-bahan yang diperlukan cukup 2 buah Mengkudu yang sudah masak di pohon dan 1 potong gula batu. Caranya membuatnya peraslah 2 buah mengkudu yang tadi dan ambil air kemudian campur dengan madu sampai merata selanjutnya saring airnya dan minum diulangi 2 hari sekali.

Mungkin hanya ini artikel yang dapat kami bagikan tentang manfaat buah mengkudu untuk kesehatan, semoga bermanfaat untuk kita semua dan bisa menambah wawasan pengetahuannya, dan termakasih kepada pembaca yang telah meluangkan waktunya untuk membaca artikel kami. Sekian dan Terimakasih.

Baca juga : Manfaat buah kedondong untuk kesehatan dan kecantikan kulit

Disqus Comments