Jumat, 21 April 2017

Manfaat Buah Duwet / Jamblang Untuk Kesehatan



Manfaat Buah Duwet / Jamblang Untuk Kesehatan - Buah duwet ini di beberapa tempat dikenal juga dengan nama buah jamblang yang mempunyai banyak varietas dari yang kecil sampai ukuran yang cukup besar. Buah duwet atau jamblang mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan, berhubungan dengan aktivitas antioksidannya yang tinggi yang disebabkan warna (pigmen) ungu yang dikenal dengan nama antosianin. Antioksidan ini berperan penting dalam mencegah serta memerangi beberapa aneka penyakit degeneratif semacam penyakit jantung koroner dan kanker.

Buah mentah (berwarna hijau) mempunyai aktivitas antioksidan yang rendah. Buah yang hampir masak (merah serta agak keras) punya aktivitas antioksidan sedikit lebih baik. Sedangkan buah masak (berwarna ungu) mempunyai aktivitas antioksidan paling tinggi. Oleh sebab itu, sebaiknya buah duwet/jamblang dikonsumsi dalam keadaan masak. aktivitas antioksidannya telah jauh berkurang. Tidak hanya kaya dengan zat antioksidan, serat, vitamin serta beragam mineral juga tersedia di dalam duwet/ jamblang.

Buah Duwet/ jamblang adalah salah satu tipe buah yang di kenal di indonesia sejak tahun 1911. Pada Awalnya tanaman ini subur di kawasan Asia Selatan serta mulai masuk ke Indonesia melalui berbagai pedagang di India. penyebaran pohon duwet/ jamblang ini benar cepat disebab pohon buah duwet mudah tumbuh di daerah tropis semacam di Indonesia.

Selain mempunyai karakter rasa yang sangat manis buah ini terkadang juga terasa sepat dan asam, terutama buah yang belum matang. Buah ini mengandung berbagai manfaat serta gizi untuk kesehatan tubuh. Kandungan nya berupa Energi, Karbohidrat, Lemak, Protein, Mineral, Vitamin A, Vitamin B, Vitamin C. kandungan tersebut sangat bagus untuk tubuh sehingga mempuyai banyak manfaat dan khasiat untuk kesehatan.

Sebelum kita mengenal buah duwet/ jamblang lebih jauh, terlebih dahulu kita mengenal ciri-ciri pohon duwet/jamblang

Pohon ini biasanya setinggi 10-20 m dengan batang yang tebal, tumbuhnya bercabang. Pohon ini mempunyai Daun tunggal dan tebal, dengan ukuran tangkai daun kira-kira 1-3,5 cm. Bunganya bentuk malai dengan cabang yang berjatuhan, biasanya bunga duduk, tumbuh di ketiak daun serta di ujung percabangan, kelopak seperti bentuk lonceng berwarna hijau muda, mahkota bentuk bulat telur, benang sari yang banyak dan berwarna putih, serta baunya yang harum. Ukuran buahnya biasanya bulat, lonjong, panjang kurang lebih 2-3 cm, sebelum masak warnanya hijau dan sesudah masak warnanya merah kehitaman.

Manfaat Buah duwet/Jamblang Untuk Kesehatan

1. Sebagai Obat Diabetes
Buah duwet/jamblang dipakai sebagai obat diabetes oleh para pakar kesehatan alternatif. Dengan cara ilmiah, buah duwet/jamblang mempunyai indeks glikemik rendah. Karna faktor itulah yang menjadikan opsi cocok bagi para penderita diabetes. Dalam suatu pembelajara yang diterbitkan dalam the Complement Ther Med mengenai efek anti diabetes buah duwet/jamblang.

Pembelajaran tersebut menunjukkan bahwa buah jamblang/duwet mempunyai potensi yang signifikan sebagai bahan obat diabetes alami. Dalam pembelajaran lain menunjukkan bahwa biji buah jamblang dapat menurunkan kadar gula darah sebesar 30%. Manfaat dari buah ini dikaitkan bisa menurunkan risiko komplikasi dampak dari diabetes.

2. Mampu Mencegah Penyakit Jantung
Buah duwet/jamblang mempuyai kandungan asam ellagic (ellagitannins), anthocyanins, serta anthocyanidins yang bermanfaat sebagai anti inflamasi. Senyawa tersebut juga bermanfaat sebagai antioksidan yang sanggup mencegah oksidasi kolesterol serta formasi plak yang memicu penyakit jantung. Tidak hanya itu buah duwet/jamblang adalah sumber kalium. Buah jamblang 100gr mengandung 55mg kalium yang mampu mencegah hipertensi yang juga menjadi pemicu penyakit jantung.

3.Mampu Mengatasi Sakit Perut
Buah duwet/jamblang yang tetap segar mengandung senyawa antosianin, kaemferol serta asam elagik yang telah terbukti berkhasiat untuk melancarkan sirkulasi pencernaan. Dengan menkonsumsi buah ini yang masih segar tetapi sebelumnya cucilah sampai bersih jadi buah terbebas dari bakteri ataupun kuman.

4. Kulitnya Bisa Mengobati Diare
Selain menggunakan obat dari dokter dalam mengobati diare, kulit dahan kering dari pohon duwet/jamblang juga bisa mengobati diare, caranya siapkan kulit dahan kering kurang lebih 1 jari, direbus cukup dengan 2 gelas air tunggu sampai mendidih sehingga menjadi 1 gelas, kemudian airnya disaring dan langsung minum.

5. Mampu Mengobati Batuk
Mengobati penyakit batuk juga bisa disembuhkan dengan Buah duwet/jamblang ini. Buah duwet/jamblang yang tetap segar mengandung vitamin C dan senyawa antioksidan yang telah terbukti mampu melawan bakteri atau infeksi kuman penyebab dari batuk parah. Campuran buah yang segar itu dengan madu sebagai pengganti obat batuk dalam bentuk sirup.

Mungkin hanya itulah postingan yang dapat kami bagikan tentang manfaat buah duwet/ jamblang untuk kesehatan, semoga bermanfaat untuk kita semua dan bisa menambah wawasan pengetahuan tentang kesehatan. Sekian dan Terimakasih.

Dibawah ini juga ada postingan yang tidak jauh menarik dengan yang di atas yaitu Manfaat Buah Belimbing Wuluh Untuk Kecantikan
Disqus Comments